13 Game Sega Genesis Paling Sulit Sepanjang Masa

Sega Genesis adalah tempat berbagai game konsol tersulit yang pernah ada, tapi kamu tau nggak sih, game apa yang paling susah di antara semuanya?

Ada banyak alasan buat jatuh cinta sama Sega Genesis, tapi buat aku, fitur terbaik dari konsol ini adalah koleksi game-nya yang kayak di arcade. Di era dimana main game arcade di rumah itu kayak mimpi, Genesis bawa game demi game yang bener-bener nangkep esensi pengalaman yang nggak terlupakan itu.

Tapi, seperti yang fans Genesis tau, koleksi game arcade-like ini berarti game Genesis rata-rata punya tingkat kesulitan yang brutal, sama kayak game arcade jaman dulu yang udah jadi standar untuk game susah yang beberapa fans berargumen (persis seperti gamenya sendiri) belum terkalahkan. Gak mau mulai perang konsol di sini, sih, tapi kalo kamu gamer tahun ’90-an yang nyari tantangan besar, biasanya kamu bakal nemuinnya di Genesis.

Dari game Genesis apa sih yang paling berat? Nah, ada kemungkinan besar para gamer retro di mana-mana langsung tau apa pilihan nomor satu kita, tapi ada juga sekumpulan judul yang kebanyakan dari kita mungkin gak bakal sanggup kalahin sampai sekarang.

Sega Genesis The Adventures of Batman and Robin

The Adventures of Batman and Robin

Jangan salah paham sama game SNES yang judulnya sama, The Adventures of Batman and Robin untuk Sega Genesis itu sebenernya side-scroller yang cepat mirip seri Metal Slug. Sebagus itu deh deskripsinya, dan aku sangat rekomendasiin kamu mainin kalo belum pernah.

Cuma, tau aja kalo tingkat kesulitan game ini sekejut kualitas gamenya sendiri. Yang kamu hadapin di sini adalah shooter side-scrolling yang menggabungkan elemen paling susah dari side-scroller beat-em-up yang bener-bener berat. Ajaibnya, gamenya terbukti lebih sulit dari yang bisa dideskripsikan, terima kasih pada level-level panjang yang seringkali membutuhkan kamu untuk menghafal pola kompleks. Oh, dan bos-bosnya? Sulit banget, serius.

Aku sih pengen banget liat sekuel dari ide ini, tapi mungkin gamenya bisa sedikit dikurangi tingkat kesulitannya.

Sega Genesis Robocop vs. The Terminator

Robocop vs. The Terminator

Meskipun game ini paling terkenal karena gore-nya (musuh-musuh meledak dengan cara yang bakal bikin orang buat squib Paul Verhoeven bangga), menurut aku, warisan sejatinya harusnya tingkat kesulitan yang gila.

Sama kayak seri Super Star Wars, masalahnya adalah musuh bisa menyerap jumlah damage yang gila sebelum mati. Aku bener-bener gak ngerti gimana penjahat biasa bisa tahan begitu banyak peluru, tapi faktanya mereka mati dengan cara yang lucu banget itu seringkali satu-satunya hal yang mencegah kamu buang controller keluar jendela karena frustrasi melihat lagi penjahat dengan health sebesar miniboss.

Kalo game ini gak seasyik surat cinta untuk dua franchise aksi besar, aku ragu siapa pun bakal punya kesabaran buat menyelesaikannya.

Sega Genesis Phantasy Star 2

Phantasy Star 2

Aku sempat bimbang mau masukin ini apa nggak. Ini bukan susahnya kayak “arcade” yang banyak game Sega Genesis lainnya, jadi ada kemungkinan kamu bisa mainin ini cukup lama tanpa sadar apa yang sudah kamu masuki.

Kamu bakal kaget pas pertama kali masuk dungeon, though. Dungeon-dungeon di Phantasy Star 2 itu harusnya ada di deretan labirin paling membingungkan yang pernah dibuat di RPG. Kebanyakan dungeon bentuknya kayak skill tree Final Fantasy X atau sesuatu yang mungkin digambar MC Escher pas lagi opium. Gak kayaknya kamu punya waktu buat ngertiin mereka secara alami karena musuh-musuh cukup kuat buat ngalahin kamu pas lagi coba ngerti mau kemana selanjutnya. Jadi, grinding buat naik level itu hampir jadi kebutuhan biar kamu bisa bertahan cukup lama buat nemuin keluar dungeon lewat trial dan error.

Meski walkthrough modern bikin game ini jauh lebih manageable, mencoba mengalahkan game ini dengan “cara asli” dengan atau tanpa petunjuk kriptik di beberapa buku instruksi gamenya bakal menguras tenaga dan bikin kamu gila.

Sega Genesis Streets Of Rage 3

Streets Of Rage 3

Kita bakal bahas ini beberapa kali selama countdown ini (siap-siap aja), tapi salah satu hal yang paling menarik dari era Sega Genesis adalah seberapa sering Sega memutuskan untuk membuat game Genesis jadi lebih susah untuk rilisannya di U.S. Alasannya bervariasi, tapi banyak judul Genesis besar di U.S. jadi jauh lebih sulit dibandingkan dengan versi internasionalnya.

Beberapa game yang terasa banget (atau diuntungkan, tergantung cara kamu melihatnya) dari lonjakan kesulitan ini adalah Streets of Rage 3. Bisa kebayang deh, betapa bingungnya fans Sega Genesis pas mereka ngeh bahwa game ketiga Streets of Rage ini jauh lebih susah dari game-game sebelumnya. Pengembangnya pakai hampir semua trik buat naikin kesulitan di game ini, dan itu bikin game ini kadang-kadang jadi hampir nggak menyenangkan.

Kamu bahkan nggak bisa menyelesaikan game ini kalo kamu mainin di “Easy” karena game-nya berakhir di Stage 5! Ini pengingat lucu tentang seberapa tidak ampunnya developer game jadul.

Sega Genesis Fatal Labyrinth

Fatal Labyrinth

Genre dungeon crawler murni naik turun popularitasnya selama era konsol 8 dan 16-bit, tapi kalo kamu nemuin dungeon crawler di konsol era itu, kamu bisa hampir pastiin bahwa game itu bakal susah banget.

Fatal Labyrinth adalah salah satu game yang paling mewakili filosofi tersebut. Sebagai roakulike awal, Fatal Labyrinth bingungin banyak pemain dengan mekanik kompleks yang sering bikin pahlawan kamu terasa nggak siap buat tantangan yang ada dan bikin pemain merasa tidak yakin kenapa mereka sepertinya nggak bisa membunuh musuh-musuh dasar.

Namun, hal tentang game ini adalah, musuh-musuh menyerbu kamu dengan konsisten dan agresif sampai-sampai kamu nggak punya waktu buat ngerti apa yang terjadi sebelum kamu cepat kewalahan. Untuk itu, aku cukup yakin kamu bisa mendesain mekanik game ini dan tetap kesulitan untuk menguasai tarian unik yang diperlukan bahkan untuk bertahan dalam pertemuan awal.

Sega Genesis Shadow Dancer: The Secret of Shinobi

Shadow Dancer: The Secret of Shinobi

Meskipun aku nggak yakin bakal menyelesaikan debat tentang game Shinobi mana yang paling susah hari ini, aku ingin menyarankan agar kita semua setuju bahwa Shadow Dancer di tingkat kesulitan tertingginya adalah salah satu game aksi paling menghukum di eranya.

Secara teknis adaptasi dari game arcade yang nggak terkait bernama Shadow Dancer, judul ini membawa semangat kesulitan Shinobi berkat beberapa tingkat kesulitan yang bisa disesuaikan yang memungkinkan kamu membuat game ini hampir mustahil. Mikir Shinobi itu susah? Bayangin coba mengalahkan Shinobi tanpa shuriken sambil menghadapi tentara kecil musuh sesulit beberapa bos di game lain.

Aku akan pilih Revenge of Shinobi kalo kita ngomongin tentang game Shinobi terbaik, tapi yang ini pantas dapat pengakuan sebagai yang terberat.

Sega Genesis Ecco the Dolphin

Ecco the Dolphin

Aku tumbuh sebagai anak Nintendo, tapi aku suka Sega, dan aku selalu menghormati cara mereka membuat hari-hari awal gaming jadi tempat yang jauh lebih menarik. Dengan itu dikatakan, aku akan selalu punya dendam terhadap mereka karena membuat Ecco the Dolphin salah satu game Genesis yang yakin kamu bisa mendengar tawaan desainer di soundtrack yang luar biasa dari judul ini.

Singkatnya, Ecco harusnya ada di daftar teratas game paling frustrasi yang pernah dibuat, bahkan jika kamu nggak mendefinisikannya sebagai “susah” berdasarkan apa arti kata itu buat kamu.

Sega Genesis Gaiares

Gaiares

Aku curiga pengembang Gaiares liat semua game shooter lain yang hampir mustahil di era ini dan mikir, “Kita bisa ngapain ya biar fans bener-bener benci kita?” Masuklah “Sistem TOZ.”

TOZ secara dasarnya menggantikan power-up tradisional di game ini dengan mekanik yang mengharuskan kamu “menyedot” kemampuan dari musuh. Artinya, kemampuan yang kamu andalkan untuk membunuh banyak musuh itu harus dikumpulkan dari musuh yang sedang kamu coba kalahkan. Ingat, mendapatkan power-up ini membuat kamu agak rentan, jadi kamu terus menerus harus melacak kekuatanmu saat ini dan yang diinginkan sambil berusaha bertahan hidup melalui gelombang proyektil.

Bahkan tanpa sistem itu, kecepatan dan desain Gaiares sudah membuatnya menjadi salah satu entri paling sulit dalam genre yang sinonim dengan pengalaman yang menuntut refleks super manusia.

Sega Genesis Kid Chameleon

Kid Chameleon

Setiap game bisa melemparkan gelombang musuh kepadamu dan menyebut diri mereka sulit. Tapi, butuh jenis game khusus untuk menghancurkanmu secara spiritual sambil menawarkan pengalaman platforming standar (dan cukup bagus). Itulah yang ditawarkan oleh Kid Chameleon.

Lebih dari 100 level Kid Chameleon akan objektif mengesankan kalau bukan karena kenyataan bahwa tidak ada sistem password atau save dalam judul aslinya. Artinya, kamu somehow harus mengalahkan game yang super besar ini dalam satu sesi panjang. Meskipun ada cara untuk melewati segmen besar dari game (kamu hanya perlu mengalahkan sekitar setengah dari levelnya), fakta bahwa hampir tidak ada indikasi dalam game tentang jalan terbaik ke depan (selain dari panduan buku instruksi yang membingungkan) membuat kebanyakan gamer asumsi bahwa sesuatu telah salah besar dan mereka baru saja membeli game yang sebenarnya tidak bisa mereka kalahkan.

Yang benar-benar mengesankan adalah bahwa bahkan walkthrough modern sedikit banyak tidak mengurangi kebingungan struktur game ini dan tantangan mekanis dari level-level yang paling menuntut.

Sega Genesis MUSHA: Metallic Uniframe Super Hybrid Armor

MUSHA: Metallic Uniframe Super Hybrid Armor

Selain memiliki salah satu nama terbaik dalam sejarah Sega Genesis, MUSHA dianggap sebagai salah satu judul Genesis paling langka yang pernah dibuat. Kecuali kamu tipe orang yang suka rasa sakit di level manusia di alam semesta Hellraiser, aku bisa dengan aman menyarankanmu untuk menghemat uangmu dan menahan diri untuk tidak mencari kopi asli dari game ini.

MUSHA tidak kenal ampun dengan cara yang bahkan game top-down shooter paling menantang dari era ’80-an dan ’90-an harus memberi hormat. Tidak banyak gimmick yang memisahkan ini dari contoh lain dalam genre, tapi kamu tidak benar-benar butuh gimmick ketika kamu punya game yang secara fundamental sulit dengan cara yang hanya entri terbaik dalam genre ini bisa.

Sebut ini entri “SHMUP” jika kamu mau, tapi menurut aku ada sesuatu tentang game ini yang terasa lebih kejam dari beberapa temannya yang paling terkenal.

Sega Genesis Comix Zone

Comix Zone

Apakah sebuah game bisa terlalu sulit? Jawaban untuk pertanyaan itu jelas bisa diperdebatkan, tapi dalam kasus Comix Zone, aku rasa kita mungkin punya salah satu contoh langka dari judul yang kesulitannya mengurangi banyak hal yang seharusnya membuat game ini legendaris.

Sebanyak aku suka Comix Zone karena gaya visual uniknya yang membuatmu melompat antar panel komik, aku tidak bisa mengingat game ini tanpa akhirnya mengingat bagaimana kesulitannya membuatnya tidak menyenangkan sebagian besar waktu. Ide di sini adalah kamu adalah orang biasa di dunia komik yang harus membela diri dengan cara apapun yang bisa. Itu konsep yang keren secara teori, tapi pertahananmu yang tipis seperti kertas berarti kamu bisa mati dalam sekejap meskipun kamu sebenarnya punya health bar. Lebih buruk lagi, kamu sebenarnya kehilangan kesehatan setiap kali menyerang musuh. Aku tidak tahu siapa yang lebih dibenci oleh pengembang: protagonis mereka atau orang yang memainkan game ini.

Aku tahu beberapa orang membela game ini karena kesulitannya yang konyol, tapi aku rasa Comix Zone bisa jadi lebih dari ini jika panjangnya yang relatif singkat tidak disembunyikan oleh mekanik yang dirancang untuk secara harfiah menghukum kamu karena memainkannya.

Sega Genesis Target Earth

Target Earth

Target Earth terlihat seperti shooter standar, tapi game ini mendapatkan tempat tingginya di daftar ini karena beberapa kontrol yang benar-benar membingungkan (beberapa akan bilang “buruk”) yang membuat game ini lebih sulit dari yang seharusnya.

Bayangkan bermain game Contra di mana kamu bergerak jauh lebih lambat, hanya bisa melompat di area tertentu, dan cenderung harus mengandalkan senapan mesin lemah yang perlu diisi ulang dari waktu ke waktu. Sebelum kamu selesai membayangkan neraka segar itu, pastikan untuk kurang lebih menggandakan jumlah musuh dan jebakan maut yang kamu harapkan untuk dilihat di setiap level. Oh, dan ada lonjakan kesulitan sekitar level kedua atau ketiga yang pada dasarnya menuntut kamu untuk sudah menguasai game pada titik tersebut. Itulah kira-kira yang ditawarkan oleh Target Earth.

Meskipun aku mengerti game ini mencoba meniru kekakuan mengontrol mech raksasa daripada individu yang lebih lincah, aku juga mengerti bahwa banyak pemain akan perlu mengandalkan kode ketidakterkalahkan yang terintegrasi hanya untuk melihat akhir dari game yang sebenarnya hebat ini.

Sega Genesis The Immortal

The Immortal

Aku benar-benar berusaha menahan diri untuk tidak membicarakan The Immortal lagi setelah memasukkannya dalam daftar game NES paling sulit, tapi bagaimana bisa membicarakan judul Genesis paling sulit tanpa memberi pengakuan pada ini?

The Immortal jauh lebih baik di Genesis daripada di NES, tapi gameplay troll judul ini tetap kurang lebih sama. The Immortal masih merupakan game di mana bahkan langkah yang tampaknya paling tidak berbahaya bisa berarti kematianmu yang segera. Game ini menciptakan kesenangan berjalan melalui ladang ranjau, dan sementara aku menghargai bahwa melalui dungeon mitos mungkin tidak akan seperti berjalan-jalan di taman, ada saatnya kamu harus bertanya pada diri sendiri “Kenapa aku memainkan ini?”

Aku tidak tahu apakah kita akan melihat game seperti The Immortal lagi. Game ini praktis ada untuk membuat darahmu mendidih kapanpun kamu bermain atau memikirkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hey!

I’m Bedrock. Discover the ultimate Minetest resource – your go-to guide for expert tutorials, stunning mods, and exclusive stories. Elevate your game with insider knowledge and tips from seasoned Minetest enthusiasts.

Join the club

Stay updated with our latest tips and other news by joining our newsletter.

Categories