Console Wars

Console Wars: Peluncuran Dokumenter Nintendo vs Sega

CBS baru aja ngumumin kalo dokumen video game, Pertarungan Konsol, yang nyelisik perseteruan era ’90-an antara raksasa video game Sega dan Nintendo, bakal bisa ditonton di CBS All Access.

“Dipilih sebagai Bagian Resmi Festival Film SXSW 2020, Pertarungan Konsol bawa kamu balik ke tahun 1990, saat Sega, perusahaan arcade yang masih baru, kumpulin tim underdog buat ngelawan perusahaan video game terbesar di dunia, Nintendo,” gitu deskripsinya. “Ini adalah pertempuran seumur hidup yang ngga ada tahanan, mempertemukan saudara lawan saudara, anak-anak lawan orang dewasa, Sonic lawan Mario, dan kapitalisme khas Amerika melawan tradisi Jepang yang berusia ratusan tahun. Untuk pertama kalinya, para pria dan wanita yang berjuang di garis depan buat Sega dan Nintendo ngomongin tentang pertarungan ini yang nentuin generasi.”

Dokumenternya disutradarai oleh Jonah Tulis dan Blake J. Harris, penulis buku hit Console Wars yang jadi dasar filmnya. Dalam wawancara sama Den of Geek, Harris bilang bahwa salah satu alasan dia pengen ceritain kisah ini karena perang konsol awal ini masuk ke dalam kesadaran kolektif banyak orang, meskipun mereka ngga sempat ngalaminnya sendiri.

“Aku udah ngomong di banyak kampus dan SMA beberapa tahun ini. Ini adalah orang-orang yang jelas ngga hidup di era gaming itu,” kata Harris. “Mereka terpesona sama itu dan saat aku tanya kenapa mereka suka, mereka bilang, ‘Oh, ada sesuatu yang nostalgik tentang itu. Tapi itu ngga masuk akal karena kamu ngga hidup di waktu itu. Ini ngga mengembalikan lebih banyak kenangan.”

Artikel Lainnya: Opera Final Fantasy 6 Mengubah Dunia Gaming Selamanya

Seperti yang dijelajahi dokumenter ini, pertarungan antara Nintendo dan Sega bukan cuma kilas balik masa lalu, tapi juga salah satu peristiwa yang menyiapkan panggung untuk masa depan industri video game. Ngga cuma pertarungan Sega dan Nintendo menghasilkan banyak game dan franchise yang masih hidup sampai sekarang, tapi juga dampak dari perang ini pada dasarnya membentuk lanskap industri modern. Kita juga curiga kalo fans Sega jangka panjang mungkin akan sangat menikmati dokumenter ini, karena mengeksplorasi sisi cerita Sega dengan cara yang mungkin bikin kamu berharap ada satu konsol Sega lagi.

Tentu saja, kedatangan dokumenter ini terasa sangat tepat waktu saat Microsoft dan Sony bersiap untuk memulai perang konsol selanjutnya saat mereka merilis Xbox Series X/S dan PlayStation 5 akhir tahun ini. Memang, pertarungannya ngga seintens dulu (Sega bahkan membuat game untuk sistem Nintendo sekarang), tapi seperti yang bisa cepat kamu temukan di bagian komentar hampir setiap artikel terkait konsol generasi berikutnya, semangat Pertarungan Konsol masih hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hey!

I’m Bedrock. Discover the ultimate Minetest resource – your go-to guide for expert tutorials, stunning mods, and exclusive stories. Elevate your game with insider knowledge and tips from seasoned Minetest enthusiasts.

Join the club

Stay updated with our latest tips and other news by joining our newsletter.

Categories