Game Arcade Dynamite Cop

Mengulik Ulang: Dynamite Cop di Dreamcast

Pada tahun 1998, sebuah game sekuel dari beat-em-up Die Hard Arcade (1997) muncul dengan nama Dynamite Cop. Game ini dikembangkan hanya oleh AM1 tanpa lisensi dari trilogi film aksi yang terkenal itu. Meski demikian, jangan harap akan menemukan perubahan besar; Dynamite Cop! ini tetap mempertahankan esensi permainannya dengan beberapa tambahan menarik.

Dalam seri sebelumnya, daya tarik utamanya adalah keterkaitannya yang longgar dengan film-film Bruce Willis. Meski berhasil dalam banyak aspek, ada beberapa kejanggalan, seperti misalnya robot laba-laba raksasa berwarna ungu yang kamu hadapi dengan tangan kosong. Nah, kamu suka bagian itu? Karena di sekuel ini, segalanya tentang laba-laba raksasa berwarna ungu.

Biar saya jelaskan lebih lanjut.

Dynamite Cop! benar-benar melemparkan segala kekonyolan ke tingkat yang lebih tinggi. Sebagai sebuah beat em up, jelas ini bukan game yang realistis. Ini lebih ke arah komedi yang dikemas dalam format arcade. Di sini, roti Perancis bisa seletal sebuah pedang loh!

Kali ini, unsur komedi sudah terasa dari ceritanya. Sebuah kelompok teroris menguasai kapal pesiar yang kebetulan membawa putri presiden, yang disebut-sebut sebagai gadis paling tidak menarik di dunia, dan tugasmu adalah menyelamatkannya—UTAMANYA PUTRI PRESIDEN itu. Kamu bisa memilih dari tiga karakter: tiruan Bruce Willis (dengan monyet di bahunya yang bernama “Banana”), seorang ahli bela diri, dan seorang pakar kickboxing.

Sekali lagi, kontrol dalam game ini mantap, tidak ada masalah dengan kamera (karena formatnya 2D tapi dengan grafik 3D), dan kurva belajarnya hampir tidak ada. Yang benar-benar menghilang kali ini adalah waktu loading.

Masih ingat bagaimana Die Hard Arcade di Saturn terlihat persis seperti versi arcadenya? Itu karena hardware arcadenya menggunakan papan Titan ST-V, yang pada dasarnya adalah Saturn. Untuk Dynamite Cop, versi aslinya berjalan pada papan Model 2, sebuah peningkatan signifikan dari Model 1 yang dipakai di Virtua Fighter, berkat penggunaan teksturnya yang lebih baik. Di Dreamcast, game ini berhasil meniru tampilan arcade dengan sempurna, kecuali beberapa tekstur yang terlihat terlalu halus dan menonjol secara tidak semestinya. Sama seperti pendahulunya, visual game ini cukup baik dan lancar, tapi di Dreamcast terasa masih seperti game generasi pertama.

Game Klasik Dynamite Cop

Sebenarnya masih banyak yang bisa dibahas, tapi pada dasarnya, game ini sangat mirip dengan Die Hard Arcade. Karakter, bos, dan situasi berulang, hampir seperti game daur ulang. Ada juga event quick-time seperti di Shenmue (2000) atau Dragon’s Lair (1983), yang tetap mudah diikuti. Variasi senjata juga bertambah dengan pilihan yang lebih gila, mulai dari makanan hingga senjata konvensional seperti pedang dan pistol, yang hilang setelah satu level tapi kamu tetap simpan amunisinya untuk level berikutnya.

Untuk menambah variasi, game ini secara acak mengubah tema visual dari beberapa level dan musuh, tapi pada dasarnya tetap sama. Misalnya, saat kamu masuk ke ruang makan, temanya bisa jadi makanan Cina atau Perancis, dan makanan yang bisa kamu gunakan sebagai senjata juga berubah sesuai tema. Level terakhir bisa bertema bajak laut atau prasejarah, tapi gameplaynya tetap sama.

Ada bonus? Kali ini ada game arcade lain yang menarik untuk beberapa menit, yaitu Tranquilizer Gun (1980). Yang menarik adalah penggunaan VMU. Tersembunyi dalam game ada beberapa potret yang berisi seni konsep dan sedikit cerita yang bisa kamu lihat di menu lain. Ketika kamu dekat dengan salah satu potret ini, VMU akan mengeluarkan suara. Untuk tambahan kegilaan, ada mode versus sederhana, komik hitam putih yang gila mengisahkan cerita, diterbitkan aslinya di situs resmi game. Ada juga akses ke situs web yang sudah tidak ada lagi untuk mengunduh konten tambahan, sebuah karakter baru, dan galeri gambar.

Dynamite Cop! jelas adalah Beat-Em Up yang layak, tapi terlalu pendek dan terlalu setia pada pencapaian pendahulunya. Cocok untuk penggemar genre ini, mudah ditemukan dan tidak mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hey!

I’m Bedrock. Discover the ultimate Minetest resource – your go-to guide for expert tutorials, stunning mods, and exclusive stories. Elevate your game with insider knowledge and tips from seasoned Minetest enthusiasts.

Join the club

Stay updated with our latest tips and other news by joining our newsletter.

Categories