Game Jet Set Radio

Ulang Tahun Jet Set Radio: Sebuah Perayaan Grafis dan Musik!

Tanggal 29 Juni nanti, Jet Set Radio merayakan ulang tahunnya. Kita sudah pernah membahas karya seni dan musiknya, tapi tidak ada salahnya untuk memberikan penghormatan khusus kepada game spektakuler ini sekarang.

Jet Set Radio, atau dikenal di Amerika sebagai Jet Grind Radio, diluncurkan pertama kali untuk Dreamcast di Jepang pada tanggal 29 Juni 2000. Beberapa bulan kemudian, game ini sampai ke Amerika pada 1 November dan Eropa pada 24 November dengan tambahan dua peta baru dan beberapa lagu. Pada tahun 2001, versi yang disebut ‘De La Jet Set Radio’ dirilis di Jepang yang memperbaiki beberapa bug dan menyertakan tambahan dari versi barat. Versi ini dijual secara eksklusif melalui Dreamcast Direct, menjadikannya salah satu judul Dreamcast yang paling sulit ditemukan.

Game arcade yang unik dan mengasyikkan ini dikembangkan oleh studio Smilebit, dan merupakan pelopor dalam penggunaan teknik ‘cell shading’. Teknik ini, yang saat itu sangat inovatif, memberikan tampilan seperti kartun dengan garis kontur tebal dan tekstur warna cerah. Jet Set Radio pertama kali diumumkan di Tokyo Game Show 1999 dan menarik banyak perhatian karena teknik visual yang baru.

Di Jet Set Radio, kamu bisa memainkan berbagai karakter, anggota geng grafiti yang harus berhadapan dengan geng lain dan polisi. Selama bermain, kita akan mendengarkan DJ Profesor K, yang mengelola stasiun radio bajakan yang menjadi judul game ini. Game ini memungkinkan pemain untuk terhubung ke internet melalui SegaNet untuk mengunduh atau mengunggah desain grafiti mereka sendiri. Soundtrack game ini juga patut diperhatikan, mencampurkan berbagai genre musik seperti Hip-hop dan musik elektronik.

JSRF: Jet Set Radio Future adalah sekuel yang dirilis untuk Xbox di Jepang pada 22 Februari 2002, di Amerika Utara pada 26 Februari, dan di Eropa pada 14 Maret 2002 sebagai game peluncuran konsol dari Microsoft. Versi Game Boy Advance juga diluncurkan pada tahun 2003 dengan judul Jet Set Radio Advance.

Beberapa karakter dari seri ini juga muncul di game SEGA lainnya. Misalnya, Beat dan Gum, dua protagonis dari Jet Set Radio, adalah karakter yang bisa dimainkan di ‘Sega Superstars Tennis’. Beat juga menjadi karakter yang bisa dimainkan di ‘Sonic & Sega All-Stars Racing’, dengan beberapa trek berdasarkan Jet Set Radio. Goji Rokkaku, pemimpin salah satu geng grafiti rival, bahkan muncul cameo di ‘Yakuza’.

Sudah banyak spekulasi tentang kelanjutan seri ini untuk konsol generasi saat ini (Xbox360, Playstation 3, dan Wii), namun hingga saat ini SEGA belum mengkonfirmasi apapun. Mungkin kita bisa berharap di ulang tahun ke-11?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hey!

I’m Bedrock. Discover the ultimate Minetest resource – your go-to guide for expert tutorials, stunning mods, and exclusive stories. Elevate your game with insider knowledge and tips from seasoned Minetest enthusiasts.

Join the club

Stay updated with our latest tips and other news by joining our newsletter.

Categories