Game Die Hard The Arcade

Ulasan Game Die Hard The Arcade (Saturn)

Die Hard Arcade bawa kalian ke nostalgia game beat em up arcade yang keren abis, kayaknya terinspirasi dari mimpi salah satu developer Sega yang baru nonton film Bruce Willis. Di game ini, John McClaine bareng partner polisinya (kalo main berdua) ngerush ke gedung Nakatomi Plaza—iya, itu lho gedung di film pertama—dengan misi nyalametin anak presiden yang digambarkan agak kurang menarik, dari tangan segerombolan maling yang udah menguasai gedung.

Kayaknya sih ceritanya muncul dari mimpi atau halusinasi, soalnya ga inget ada scene di film aslinya dimana John McClane, yang notabene tanpa senjata dan tanpa sepatu, harus lawan dua robot laba-laba raksasa warna ungu. Walaupun absurd, tapi serunya nggak main-main!

Awalnya, game ini ga resmi pakai lisensi filmnya. Sega dapetin haknya pas mau rilis di Amerika, sementara di daerah lain, game ini lebih dikenal sebagai Dynamite Cop. Lucunya, di cover Jepang, karakter utamanya mirip banget sama Bruce Willis dibanding yang versi Amerika. Menurut gue, koneksi dengan filmnya itu menambah nilai plus, tapi walaupun ga ada hubungannya, game ini tetap seru sebagai game fighting 2D dengan grafis 3D.

Yang pertama bakal kamu rasain adalah gimana game ini mirip banget sama versi arcadenya. Ini berkat STI yang mengembangkannya di platform arcade yang disebut Titan (ST-V), yang basically adalah Saturn dengan kemampuan yang lebih mantap.

Animasinya lancar dan keren. Model 3D-nya simpel dan teksturnya pas-pasan, tapi cukup oke. Cinematicnya dibuat real-time dan meskipun detilnya lumayan—mereka bisa gerakin bibir pas ngomong—tapi tetap aja kurang mulus, terutama karena modelnya kasar dan kadang-kadang kelihatan pixel yang mencolok, mirip pixel mati di layar LCD. Frame rate-nya stabil.

Audio-nya agak kurang. Suara-suara di game ini jelek dan susah dimengerti. Semua karakter punya suara yang sama, agak distorsi, seolah-olah terlalu banyak kompresi audio, baik cowok maupun cewek. Musiknya sih cocok untuk film action, tapi kurang variasi.

Nah, sekarang ke bagian kontrol: ini dia yang bikin Die Hard Arcade juara. Kontrolnya gampang dipahami dan responsif banget. Gerakan-gerakannya mirip versi super sederhana dari Virtua Fighter. Pukulan, tendangan, dan grappling gampang banget dilakuin dan asik. Plus, khas game genre ini, kamu bisa ngambil benda-benda buat dipake serang musuh, dari pipa sampe merica buat bikin lawan bersin, dan juga berbagai senjata api. Biasanya, senjatamu ilang tiap naik level, tapi di sini ada twist: kamu bisa simpen amunisi buat level berikutnya kalo berhasil bawa senjata api sampe akhir level.

Biarpun kadang ada monotoni, game ini dibumbui dengan aksi-aksi cepat ala Shenmue atau Dragon’s Lair. Misal, karakter kalian lagi lari di koridor terus tiba-tiba muncul musuh, dan game langsung suruh dirimu pencet tombol tertentu (pukul, tendang, atau lompat). Kalo pencet benar, kamu bisa lanjut lari. Kalo salah, ya harus berantem. Di mode dua pemain, cukup satu orang aja yang pencet tombol yang bener buat lewatin rintangan.

Waktu loading game ini cepet, hampir ga terasa. Tapi, tiap loading terjadi, audio terputus dan layar jadi gelap sebentar, nambahin delay yang sebenernya ga perlu. Bagusnya, game ini kasih opsi buat matiin cinematic, jadi kalo kamu lebih milih aksi langsung, bisa banget.

Game ini nggak terlalu sulit. Dalam beberapa jam, bakal bisa nikmatin semuanya. AI-nya cukup adil. Tantangan utamanya adalah jumlah kredit terbatas buat continue, terutama di mode dua pemain yang bagi kredit yang sama. Tapi ada solusinya.

Sebagai bonus, ada game Sega lain yang namanya Deep Scan. Di game ini, kalian ngontrol kapal yang ngebom kapal selam. Menariknya, semakin bagus skor kamu, semakin banyak kredit yang bisa kamu dapet buat main Die Hard Arcade.

Jadi, kesimpulannya, Die Hard The Arcade itu game yang visual dan gameplay-nya mantap, setia sama versi arcade aslinya. Sayangnya, game ini cepet banget tamat dan ga banyak alasan buat main lagi setelah itu. Tapi tetap layak dicoba dan ga sulit buat ditemuin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hey!

I’m Bedrock. Discover the ultimate Minetest resource – your go-to guide for expert tutorials, stunning mods, and exclusive stories. Elevate your game with insider knowledge and tips from seasoned Minetest enthusiasts.

Join the club

Stay updated with our latest tips and other news by joining our newsletter.

Categories